Morula IVF

Kehamilan 4 Bulan, Inilah Tanda dan Keluhan yang Umum Terjadi

December 7, 2022

Kehamilan 4 Bulan, Inilah Tanda dan Keluhan yang Umum Terjadi

Pada umumnya, kehamilan 4 bulan adalah masa di mana ibu hamil berhasil melewati masa-masa morning sickness. Jadi, ibu hamil dapat bernapas lega dan menikmati masa kehamilan lebih rileks. Pasalnya, salah satu tanda kehamilan 4 bulan, yakni gejala mual dan muntah sudah menurun drastis. Meskipun demikian, ibu harus tetap ekstra hati-hati menjaga kehamilannya supaya ibu dan janin sehat selalu.

Tanda Kehamilan 4 Bulan

Memasuki trimester kedua, ibu hamil wajib mempersiapkan diri lebih baik. Pada fase ini janin sudah mulai berkembang sehingga bentuk perut hamil 4 bulan sudah makin kelihatan. Supaya lebih mawas diri, berikut adalah tanda kehamilan sekaligus menjadi ciri-ciri ibu hamil 4 bulan yang sebaiknya Anda tahu.

1. Flek

Flek saat hamil memang hal normal. Namun, Anda harus waspada apabila flek berlanjut lama dan terjadi pendarahan hebat. Faktor yang memicu munculnya flek adalah adanya peregangan kantung terhadap rahim. Saat posisi bergeser atau meregang inilah yang berpotensi menimbulkan luka sehingga keluar flek. Oleh karena itu dianjurkan memeriksakan kandungan  agar mengetahui secara pasti kondisi janin dan plasenta. Biasanya dokter akan menyarankan untuk USG janin 4 bulan. 

2. Perubahan pada Payudara

Masih seputar kehamilan 4 bulan apa yang dirasakan oleh ibu adalah terjadi perubahan payudara yang semakin bertambah besar dan berat. Garis pinggang pun mulai terlihat jelas seiring pertumbuhan payudara. Kelenjar payudara mulai aktif sehingga menimbulkan air susu, lebih tepatnya kolostrum mulai keluar. Kondisi lainnya adalah perubahan warna puting atau areola yang menjadi lebih gelap dan hitam.

3. Sering Buang Air Kecil

Saat hamil, hormon kehamilan akan membuat tubuh memproduksi banyak darah. Kondisi ini akan meningkatkan kerja ginjal sehingga produksi urine semakin banyak. Hal inilah yang menyebabkan kandung kemih cepat penuh sehingga merangsang ibu hamil sering bolak balik buang air kecil.

Keluhan Kehamilan 4 Bulan

Periode awal trimester kedua adalah masa di mana pertumbuhan janin semakin cepat. Sebagai salah satu tanda bayi sehat dalam kandungan 4 bulan adalah ibu hamil mulai bisa merasakan gerakan janin layaknya perut berdenyut saat hamil 4 bulan. Seiring masa pertumbuhannya, ukuran janin semakin membesar. Inilah mengapa perut ibu cenderung lebih keras. Meski keluhan kehamilan 4 bulan tidak sedahsyat pada trimester pertama, namun ibu hamil tetap saja mengalami beberapa keluhan. Adapun keluhan yang umum dialami adalah:

1. Sakit Pinggang

Ibu hamil sering mengeluh sakit pinggang. Ini karena adanya perubahan pusat gravitasi tubuh karena kandungan yang semakin berkembang. Ini membuat tulang pinggang pada ibu hamil bekerja lebih ekstra karena harus menopang massa perut yang semakin membesar.

2. Perubahan Warna Kulit

Hormon kehamilan akan merangsang produksi melanin tubuh, yakni pigmen alami tubuh yang berperan memberi warna mata, kulit, dan rambut. Area tubuh yang jelas mengalami perubahan warna lebih gelap adalah sekitar puting susu, lipatan kulit pada leher, paha, ketiak, dan bokong.

3. Konstipasi

Konstipasi atau sulit buang air besar juga menjadi salah satu keluhan yang sering dialami pada kehamilan 4 bulan. Ini karena pengaruh dari hormon progesteron yang akan menghambat pencernaan. Ukuran janin yang semakin membesar otomatis membuat uterus juga berkembang. Hal inilah penyebab konstipasi pada ibu hamil.

4. Nafas Menjadi Pendek

Hormon progesteron akan menstimulasi pusat pernafasan ke otak. Potensi udara yang masuk ke tubuh menjadi lebih sedikit daripada udara yang keluar. Pada kondisi ini wajar apabila ibu hamil merasa nafas menjadi pendek dan sesak akibat kekurangan oksigen.

Tips Mengatasi Keluhan pada Kehamilan 4 Bulan

Meski tidak menghilangkan total, namun ada beberapa tips untuk mengatasi keluhan-keluhan pada kehamilan 4 bulan. Simak tips berikut ini:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Kebutuhan akan cairan pada masa kehamilan harus diperhatikan. Setidaknya minum air putih minimal 8-10 gelas setiap harinya. Air putih juga ampuh mengatasi sembelit pada ibu hamil.

2. Olahraga Teratur

Hamil bukan halangan untuk melewatkan olahraga. Ibu hamil bisa mengikuti olahraga yang aman seperti senam hamil, berenang, pilates, atau yoga. Ini berguna supaya janin dan ibu tetap sehat dan memperlancar proses persalinan nantinya.

3. Memakai Pelembab Kulit

Saat hamil kulit cenderung menjadi lebih kering dari sebelumnya. Ada baiknya ibu hamil memakai pelembab kulit untuk mengatasi hal tersebut.

4. Sering Makan

Saat masa kehamilan ibu harus menambah porsi makannya. Makan sedikit tapi sering lebih baik daripada tidak sama sekali.

Selain sering makan dan perbanyak konsumsi air putih sewaktu kehamilan 4 bulan, Anda juga perlu tahu pantangan makan selama kehamilan. Beberapa di antaranya adalah menghindari konsumsi telur setengah matang, ikan dengan merkuri tinggi, susu mentah, alkohol, dan makanan tinggi kafein. Tentu tidak mau bukan janin mengalami gangguan perkembangan. Sebaiknya rutinn untuk memeriksakan kondisi Anda selama kehamilan, ya.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung